Makanan Madura yang Terkenal di Plosok Indonesia

Makanan Madura yang Terkenal di Plosok Indonesia

Makanan Madura yang Terkenal di Plosok Indonesia – Makanan khas Madura menjadi salah satu keunikan lokal yang wajib kamu cicipi selama liburan di Pulau Garam ini. Pasalnya, Madura bukan hanya terkenal akan satenya saja. Tapi juga terkenal akan sejumlah makanan khas lokal lainnya yang tak kalah lezat dan jarang ditemui di daerah lainnya. Beberapa kuliner khas Madura sebenarnya masih memiliki kemiripan dengan kuliner dari daerah Jawa. Namun ada pula sejumlah kuliner khas Madura yang diolah menggunakan bahan-bahan laut di sekitar Pulau Madura.

Berbicara soal kuliner asal Madura yang populer, tentu salah satu yang paling mudah teringat adalah togel macau sate Madura. Kelezatan makanan khas Madura satu ini memang telah diakui dan bisa dilihat dengan menjamurnya pedagang sate khas Madura di berbagai daerah-daerah di luar pulau Madura. Makanan khas Madura tak hanya soal sate Madura saja, lho. Singgah ke Madura, sempatkan dirimu untuk menjelajahi ragam kuliner khas Madura yang tak kalah lezat dari sate Madura berikut:

 Nasi Serpang

Nasi merupakan makanan pokok hampir di seluruh wilayah Indonesia. Tak heran jika di beberapa daerah di Nusantara bisa ditemukan sajian nasi khas, seperti Nasi Serpang yang ada di Madura. Banyak di temukan di Madura, khususnya di daerah Bangkalan, Nasi Serpang adalah olahan nasi campur khas Madura. Kekhasan dari kuliner ini bisa dilihat dari lauk-pauk dan hidangan pendamping lainnya.

Sajian Nasi Serpang merupakan hidangan sepiring nasi yang dilengkapi kerang, telur asin, dendeng sapi, pepes tongkol udang, mie soun, tahu, hingga kerupuk kulit dan disirami dengan kuah santan. Untuk pecinta pedas, sahabat bisa menambahkan sambal terasi yang menambah kelezatan dari kuliner khas Madura ini.

Rujak Corek

Kuliner asal Madura yang unik selanjutnya adalah Rujak Corek. Berbeda dengan rujak-rujak buah spaceman yang umumnya sahabat temukan dijajakan, Rujak Corek hanya berbahan dasar mentimun. Mentimun yang telah dikupas kemudian bagian tengahnya di-“corek” atau dikeruk sebelum kemudian diisi dengan berbagai bumbu khusus khas Rujak Corek.

Soto Mata Sapi

Selain Soto Madura, ada pula Soto Mata Sapi yang tak kalah menarik untuk dicicipi. Makanan khas Madura satu ini sangat unik karena salah satu bahan yang digunakan adalah mata sapi dan juga tulang sapi. Diolah dengan berbagai bumbu lengkap bersama irisan daging sapi, kuliner khas Madura ini bisa jadi pendamping lezat untuk menyantap sepiring nasi hangat.

Soto Madura

Soto merupakan salah satu kuliner nusantara yang cukup mudah ditemui di berbagai daerah. Di Madura sendiri, terdapat soto khas yang bisa sahabat cicipi. Soto Madura memiliki kuah rempah yang dimasak menggunakan santan. Selain itu, keunikan dari makanan khas Madura satu ini adalah semua bahan-bahan soto tidaklah direbus melainkan digoreng sebelum kemudian dicampur bersama kuah soto yang sangat gurih.

Sate Madura

Berbicara soal makanan khas Madura tentu takkan lengkap sebelum sahabat mencicipi Sate Madura. Kuliner Madura yang sudah sangat terkenal di berbagai tempat di laur Madura ini tentu akan memberikanmu pengalaman menikmati sate yang berbeda jika disantap langsung di Madura.

Berbahan dasar daging ayam atau kambing, Sate Madura terkenal akan siraman saus kacang yang gurih. Ditambah lezatnya daging yang telah dibakar dengan bumbu sehingga aromanya semakin nikmat, tentu sulit untuk menolak kelezatan dari Sate Madura.

Kue Apem Madura

Kue Apem Madura bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan tradisional di Madura yang mulai sulit ditemukan. Kue tradisional khas Madura yang berbahan dasar jahe dan kayu manis ini disajikan dengan siraman saus yang terbuat dari gula merah. Perpaduan rasa manis dan aroma rempah-rempah menjadi kunci kenikmatan dari makanan khas Madura satu ini.

Kaldu Kokot

Kuliner khas Madura lainnya yang bisa sahabat cicipi adalah Kaldu Kokot. Dalam bahasa Jawa, Kokot memiliki arti tulang sapi, dan sesuai namanya bahan utama dari makanan khas Madura ini adalah tulang sapi yang dimasak sehingga gurihnya tulang dan sumsum menjadi daya tarik utama dari panganan ini.

Dimasak bersama ragam rempah, dan berbagai bahan lainnya termasuk kacang hijau, membuat makanan asal Madura ini memiliki rasa khas yang tak bisa sahabat temukan di kuliner lainnya. Sebagai pelengkap, kuliner ini disajikan bersama irisan lotong atau sepiring nasi hangat.

Tajin Sobih

Tak kalah unik dan menarik dibandingkan kuliner Madura sebelumnya, masih ada makanan ringan Tajin Sobih yang khas dari Madura. Nama Tajin Sobih sendiri didapatkan dari para pedagang kuliner ini yang kebanyakan berasal dari Desa Sobih.

Jajanan khas berupa bubur ini diolah dari beragam jenis bahan dan umumnya disajikan diatas selembar daun pisang. Tekstur lembut dan rasa manis bercampur gurih dijamin bisa memanjakan lidar para penikmat kuliner khas Madura.

Topak Ladhe

Topak Ladhe adalah makanan khas Madura yang biasa ditemukan ketika hari-hari besar seperti pada saat Idul Fitri. Sekilas kuliner ini terlihat tak jauh berbeda dengan panganan ketupat sayur. Namun, saat dicicipi, Topak Ladhe memiliki cita rasa khas yang berbeda. Kuah yang diolah dari beragam rempah dan parutan kelapa serta campuran daging sapi, membuat rasa gurih dari kuliner ini semakin nikmat.